Apa itu Artikel instan Builder Wordpress, kenalan yuk

Plugin Instan Artikel Builder Khusus Wordpress

Bagi anda yang membuat blog menggunakan CMS Wordpress pasti bisa membuat feed RRS artikel instan dengan mudah hanya dengan menggunakan plugin artikel instan builder. Secara umum artikel instan builder adalah salah satu alat / tools tambahan yang berfungsi untuk membuat dan menyusun umpan artikel instan (Feed RRS) dengan mudah.

Dengan menggunakan plugin ini kita bisa membuat kerangka layouting atau susunan artikel instan dengan mudah. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, artikel instan facebook adalah dokumen HTML sederhana yang lebih simpel. Dokumen ini terdiri dari header halaman, body konten dan footer halaman.

Nantinya dokumen umpan HTML yang sudah disusun dengan baik dimasukan ke dalam susunan RRS Feed agar bisa di umpankan ke facebook. Plugin artikel instan builder akan memberikan URL khusus untuk mengakses feednya yang bisa kita pasang pada halaman pengelolah konten di facebook.

Prinsip kerja dari artikel instan builder tidak hanya sebatas menyusun, dan membuat kerangka saja. Namun dia juga berkerja mengkonversi kode HTML pada artikel jadi lebih sederhana. Misalnya, tools ini akan mengubah semua tag sub judul dari h3 ke atas menjadi h2 semua. Seperti halnya artikel instan yang hanya mendukung tag H1 sampai h2 saja untuk judul.

Berbeda lagi jika anda memasang artikel instan menggunakan Feed / RRS mentah dari blogger, kamu membutuhkan keterampilan koding untuk menyusun artikel instan pada halaman konten produksi di kreator studio facebook. Nah Artikel instan Builder bisa menggantikan semua tugas manual yang biasa anda lakukan. Kegiatan menyusun artikel instan secara manual sangat tidak efisien, kamu bakalan banyak membuang waktu dan perlu pemahaman yang mendalam tentang semua kode yang didukung dalam FIA. Kamu juga perlu mengetahui jenis kode apa saja yang didukung dan tidak dalam penyusinan FB instan article.

Sebenarnya definisi dari artikel instan itu adalah sekumpulan kode sederhana dan semuanya adalah konten. Jadi dia tidak menggunakan Navbar, Sidebar, Blogroll, baca juga, dll. Jadi artikelnya instan banget hanya terdiri dari dokumen HTML yang merupakan artikelnya itu sendiri dengan sedikit bumbu meta header, dan footer yang menjadi kebutuhan wajib bagi setiap halaman web.

Artikel instan tidak mengizinkan banyak penggunaan jenis kode HTML karena, semakin banyak jenis kode yang digunakan bisa membuat proses rendering halaman jadi berkurang. Karena sifatnya yang kecil dan minimalis ini makanya artikel instan bisa di muat ke dalam dokumen RRS (Umpan website) yang terdiri dari susunan kode program XML.

Sampai disini anda paham kan kegunaan dari artikel instan builder? Kalau belum paham, coba scroll kembali ke bagian penjelasan awal di atas dan baca dengan teliti. Pahami makna setiap paragram yang saya ketik, jika kamu memahami apa yang saya catat disini.

Saya yakin kamu bakalan bisa dan punya ide untuk mengembangkan umpan artikel instan secara mandiri. Seperti yang anda ketahui blog RyanID ini tidak menggunakan CMS Wordpress, ini hanyalah dokumen HTML biasa yang dibalut dengan framewok VioMagz buatan mas sugeng. Saya sudah menyiapkan dua umpan khusus untuk CMS yang minimalis ini, satu umpan untuk Google Berita, dan satunya lagi untuk Facebook Instan Artikel. Semuanya sama-sama dikemas dalam bentuk dokumen XML, tapi bedanya seperti yang saya jelaskan di atas.

Umpan untuk Google Berita hanya terdiri dari artikel mentah beserta dokumennya, sedangkan untuk FIA artikel sudah disusun sedemikian rupa sebagai sebuah halaman web mobile dan siap ditampilkan tanpa perlu di edit kembali. Demi keamanan dari Auto Blog saya menyembunyikan URL Umpan tersebut, sebab umpan berisi semua data artikel saya yang baru saja diterbitkan atau di sunting untuk diperbaruhi.

Dokumen yang wajib ada dalam sebuah umpan yakni, Judul, URL Kanonis, Deskripsi singkat, Cuplikan Gambar, Waktu Publikasi dalam format ISO 8601, Waktu Diperbaruhi dalam format ISO 8601, dan artikel yang tersusun dalam dokumen HTML.

Sebuah umpan RRS dapat menyimpan 9-25 Entri, ada juga yang penuh sampai dengan 150 entri. Contohnya umpan blogger yang bisa di akses dengan URL domain.com/feeds/posts/default?alt=rss, umpan blogger sifatnya terbuka dan bisa di akses oleh siapa saja. Sehingga sangat beresiko bila kamu mengatur RRS Feed menjadi full. Blog kamu bisa terkena AutoBlog sebab dokumen ini bisa di import ke blog lain secara otomatis.

Orang tidak bertanggung jawab bisa mengunduh semua data entri artikel pada blogmu dan mengimportnya pada blog mereka. Untuk kebutuhan produktifitas umpan Blogger bisa digunakan untuk mengirimkan artikel ke Aggregator Google News dan juga Facebook Instan Article.

Tapi bila diimport ke Blog lain tentu saja bisa membahayakan kita sendiri dalam segi SEO, ini berkat algoritma google yang mengecualikan semua konten duplikat tanpa ada pertimbangan mana konten asli dan mana konten plagiat. Dampaknya semua trafik yang berasal dari Google bisa turun, turun trafik turun penghasilan.

Berikutnya apabila domain RYANID.MY.ID diterima pada saat proses klaim domain FIA sebagai domain production, saya akan membagikan tips bagaimana membuat dan menyusun RRS Feed umpan untuk FIA menggunakan bahasa pemrograman PHP 5.2. Sehingga kamu tidak perlu repot melakukan editing manual FIA nya, perlu diketahui ya editing manual itu rumit. Apabila kamu menyunting artikel asli pada Blogger maka artikel FIA yang ada di facebook harus diperbaruhi juga secara manual.

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-