Begini cara mengkompress foto di Android

Cara melakukan kompress gambar di android menggunakan Lit Photo

RYANID - Apakah anda pernah melakukan kompress foto sebelum mengirimnya secara online? Media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp dan instagram melakukan kompressi gambar otomatis sebelum gambar tersebut di unggah ke server. Apa sih sebenarnya kompressi gambar itu?

Kompress gambar adalah salah satu metode yang digunakan untuk memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri. Teknik kompressi gambar ini akan menghapus semua identitas dan kode warna yang tidak dibutuhkan pada gambar. Tapi tetap saja gambar yang sudah di kompresi tidak akan terlihat jernih bila di zoom.

Biasanya pada gambar dengan kualitas tinggi itu tesrsimpan sebuah identitas seperti tanggal pemotretan, lokasi, ukuran gambar, mesin yang digunakan, dan kode warna yang lengkap dengan ukuran full HD sehingga gambar bisa di zoom beberapa kali tanpa mengalami pecah/blur. Gambar seperti ini kisaran size nya antara 1-5MB, tergantung tingkat citra yang didapatkan saat mengambil gambar.

Dalam dunia internet semua gambar wajib di kompresi dengan batas ukuran maksimal 50-100kb. Hal ini sangat berguna agar gambar bisa di muat dengan cepat pada jaringan internet yang lemot serta bisa mengurangi pemakaian bandwidth yang berlebihan pada hosting.

Meskipun hosting menyediakan bandwidth tanpa batas tapi kegiatan unduh secara bersamaan bisa memenuhi lebar pita data transfer yang ada. Bayangin kalau ada jutaan orang yang main fb mengunduh gambar 1-3MB per detik, pastinya koneksi internet di indonesia bisa mengalami penurunan karena berkurangnya lebar pita akibat transfer jutahan petabite data, itulah sebabnya kamu wajib melakukan kompressi gambar sebelum dikirim ke media sosial.

Metode ini juga bermanfaat buat mengurangi penggunaan kuota berlebihan. Jaman sekarang semua kamera smartphone sudah canggih, hasil tangkapan kamera bisa mencapai 3-5MB. Tak hanya itu gambar yang dihasilkan oleh Screenshoot ponsel juga udah bagus kualitasnya, semakin bagus ukuran gambar semakin besar ukuran file. Dalam jaringan yang lamban, ukuran gambar yang besar bisa dimuat dalam waktu lama. Apa kamu mau menunggu gambar selesai di muat selama satu menit saja? Pasti tidak kan, terus apa kamu mau kehabisan banyak kuota data hanya untuk melihat satu gambar saja? Jelas nggak ada orang yang mau.

Solusinya adalah, menurunkan ukuran file gambar tanpa harus mengurangi kualitas secara keseluruhan. Kamu kemungkinan akan kehilangan kualitas gambar antara 20-80%. Tips ini sangat berguna buat pengguna android yang punya penyimpanan dan akses data yang terbatas.


Situs berbagi video daring seperti youtube juga melakukan kompresi video menjadi video yang bisa di streaming dengan beragam ukuran untuk berbagai kecepatan jaringan. Ukuran video yang kita tonton akan menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan kecepatan koneksi internet, pada akses yang lemot youtube memilih ukuran 144px. Ini tujuanya agar video bisa di unduh dengan cepat tanpa bufering.

Oke kembali lagi ke Topik, saya akan mengajarkan bagaimana cara mudah mengkompresi gambar dengan mengurangi sebagian kualitas atau ukuran lebar dan tinggi gambar menggunakan ponsel android.

Cara mengkompress gambar di Android

  • Download aplikasi Lit Photo, link saya sediakan disini (versi mod tanpa iklan)
  • Jalankan Lit Photo Apk dan cari gambar yang ingin kamu kompress
  • Atur kualitas gambar sesuka hati, semakin kecil kualitas semakin kecil ukuran file tapi kualitasnya juga berkurang. Buatlah minimal 50%, klik Compress Image
  • File yang sudah di kompress akan tersimpan pada folder Lit Photo

Bagaimana gampang banget bukan? Mulai sekarang ubah kebiasaan kamu yang selalu mengunggah gambar secara langsung ke sosial media atau blog. Kompress terlebih dahulu gambarnya kamu bisa menghemat pemakaian kuota bulanan.

Oh iya Media sosial dan tempat unggah gambar lain mempunyai fitur kompressi otomatis. Jadi jangan heran kalau kamu mengunggah gambar lalu mengunduhnya lagi tiba-tiba ukuranya jadi lebih kecil. Hal ini sangat wajar karena media sosial tersebut ingin agar gambar bisa jadi lebih cepat di muat baik pada koneksi yang lamban sekalipun.

Beberapa media kemungkinan juga menerapkan batasan terhadap maksimal ukuran gambar yang bisa di upload. Misalnya gambar identitas scan KTP, pada situs web prakerja.go.id batas maksimal ukuran gambar ktp adalah 2MB, pada situs web Google News ukuran size file logo maksimal adalah 2MB, juga termasuk pada saat kita membuat aplikasi di facebook. 2Mb adalah batas standar gambar yang bisa di unggah, tapi tanpa kamu sadari website² tersebut akan melakukan kompressi secara otomatis pada gambar yang kamu unggah.

Sementara untuk ukuran gambar yang beredar diinternet sizenya kisaran 20-500kb. Tapi ukuran paling umum yang digunakan oleh website kurang dari 100kb, semakin kecil ukuran gambar semakin banyak gambar yang bisa di simpan pada hosting. Proses loadingnya juga lebih cepat dibandingkan gambar HD tanpa di kompressi.

Oke deh demikianlah artikel pembahasan kita kali ini tentang Kompressi gambar, Manfaat, dan tujuanya. Konten ini bebas digunakan, kamu bisa langsung print. Tapi tidak diizinkan menyalin tempel semua isi materi tanpa menulis ulangnya ke dalam pembahasan sendiri.

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-