Cara mudah ekstrak file arsip di Google Drive dengan Telegram

Cara mudah ekstrak arsip rar di Google Drive tanpa download

Punya file arsip di Google drive merupakan hal biasa, saya sendiri pernah mempunyai file arsip yang ukuranya mencapai 1 GB lebih. Ukuran file yang besar, mahalnya harga kuota, dan kecepatan koneksi internet membuat kita kesulitan dalam memanaging file arsip pada penyimpanan awan Google Drive ini. Misalnya ketika saya ingin melakukan ekstrak file arsip secara online tanpa perlu mengunduhnya, pastinya membutuhkan bantuan pihak ketiga.

Mengontrol akun Google Drive secara remote sebenarnya bisa kita lakukan apabila kita mempunyai RDP (Remote Dekstop Protocol). Dengan RDP kita mempunyai sebuah komputer dengan kecepatan koneksi internet yang stabil dan beserta komponen processor didalamnya. Tapi sayangnya harga RDP tidak murah, kecuali bila kamu menggunakan ini untuk kebutuhan bisnis. Tidak jadi masalah, tapi buat kebutuhan pribadi kita cukup menggunakan tools yang disediakan pihak ketiga.

Dalam artikel kali ini saya akan menggunakan bantuan Bot Telegram. Bot telegram sama saja dengan versi web, hanya saja kalau menggunakan bot telegram prosesnya jauh lebih simpel dibandingkan menggunakan versi web. Apalagi kalau jumlah file yang akan anda ekstrak itu banyak, dengan private message kamu bisa mengontrol dan melihat total keseluruhan file secara penuh tanpa kehilangan riwayat dokumen tersebut.


Cara Ekstrak Arsip di Google Drive menggunakan Telegram Bot

Sebelum melanjutkan ke langkah tutorial, pastikan anda mempunyai aplikasi Aplikasi Telegram dan akun telegram yang sudah ada. Dalam langkah kerjanya kita bakalan menggunakan dua buah bot telegram, cara ini sebenarnya opsional anda bisa menggunakan hanya satu bot bila mempunyak Link unduhan langsung ke sumber file tanpa ada pengalihan otomatis seperti recapcha, skip link dan sebagainya. Berikut ini adalah panduanya:

  • Lakukan Chat dengan Google Drive Bot @Gdriveit_bot
  • Buka akses ke akun Google Drive anda, gunakan command /get_auth_link untuk mendapatkan URL login.
  • Klik URL balasanya, dan login mengunakan akun Google anda selanjutnya anda akan mendapatkan kode unik. Salin kode tersebut.
  • Kembali ke Google Drive Bot, ketik command /setup(spasi)PasteKodeUnikAnda
  • Anda akan mendapatkan notifikasi kalau akun Baddo Cloud Bisa mengakses file dalam Google Drive anda.
  • Selanjutnya Ketik command /myfiles maka akan muncul semua daftar file dan folder yang ada pada akun Gdrive anda.
  • Pilih dan klik pada file yang anda inginkan, nanti akan ada beberapa opsi. Pilih Upload to telegram untuk memindahkan file anda ke telegram.
  • Sementara Proses berlangsung chat dengan bot @UnzipRobot selesaikan proses sampai anda siap melakukan ekstraksi file.
  • Setelah Proses upload to telegram selesai, teruskan pesan berupa file anda yang berada pada server telegram ke @UnzipRobot
  • Secara otomatis bot ini akan melakukan ekstrak file anda, prosesnya membutuhkan waktu tergantung kecepatan transfer data.
  • Habis itu kalau mau upload lagi file yang sudah di ekstrak ke google drive tinggal teruskan aja hasil ekstraksinya ke GoogleDrive Bot maka file akan di unggah ke akun Penyimpanan awan anda.

Semua proses di atas membutuhkan waktu, apalagi jika file yang ingin anda ekstrak ukuranya besar. Percobaan saya pernah melakukan ekstrak file dengan ukuran 1GB dan keseluruhan prosesnya membutuhkan waktu satu jam lebih, ini lebih baik dibandingkan harus mengunduh dan mengunggah ulang dokumen. Dengan menggunakan bot telegram saya hanya menghabiskan 5MB kuota untuk keseluruhan proses ekstrak file zip dari Google Drive.

Perlu anda ketahui artikel ini berlaku sejak saya tulis, tidak semua bot telegram bisa bertahan dalam waktu yang lama. Suatu saat beberapa rekomendasi bot yang saya berikan di atas bisa saja mati. Bot telegram terintegrasi dengan hosting, hosting butuh biaya. Harganya juga tidak murah. Jika bot yang saya berikan di atas sudah tidak bekerja lagi, anda bisa mencari bot lain dengan fungsi yang serupa.

Ada banyak bot utilities (alat bantu) telegram yang menyediakan layanan sejenis. Kamu bisa mencarinya di Google, kalau nggak ketemu join tuh di grup-grup atau channel telegram yang membahas bot. Biasanya disitu admin nya suka bikin bot baru dan kamu bisa menggunakanya secara gratis.

Demikianlah artikel saya mengenai cara ekstrak File Google Drive tanpa harus mengunduhnya. Cara ini berlaku untuk pengguna seluler yang punya akses internet terbatas, bagi pengguna pc dengan akses wifi yang unlimited lebih baik mengunduhnya daripada menggunakan tools pihak ketiga. Komentar pada laman ini tidak tersedia anda bisa menghubungi kami di facebook @ryanid.my.id bila ada pertanyaan seputar artikel yang dimuat pada blog ini.

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-