Kumpulan Bot utilitas telegram yang bisa kamu gunakan Gratis!

Kumpulan Bot Utilitas Telegram

RYANID.MY.ID - Dalam artikel kali ini aku mau bagi-bagi kumpulan bot utilitas telegram yang bisa kamu gunakan sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari. Sebelum kita mulai, kenali dulu apa itu bot utilitas? Bot utilitas telegram adalah layanan alat bantu dengan menggunakan Bot telegram, dengan penggunaan yang sangat mudah. Kamu hanya tinggal chat ke akun bot dan memberikan data yang diperlukan, kemudian robot akan mengolahnya secara otomatis di sisi server.

Misalnya, bisakah kamu mentransfer file dari internet ke akun Google Drive tanpa mengunduhnya? Pastinya bisa donk, dengan telegram bot kamu tinggal salin tempel URL file dan file bakalan secara otomatis disalin ke akun GDrive kamu. Lebih efisien dibanding metode manual, dimana kamu harus mengunduh file dan mengunggahnya ulang. Boros kuota dan waktu, apalagi harga kuota yang sangat mahal.

Contoh kedua, bot telegram juga bisa di andalkan buat mengkonversikan video ke dalam format lain. Mengkompress atau mengecilkan ukuran video agar bisa di streaming, dan masih banyak lagi. Istila utilitas adalah program software alat bantu yang bisa memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Kalau menggunakan desktop PC pastinya ada banyak program alat bantu yang bisa kita gunakan, namun untuk perangkat seluler sangat terbatas. Kemampuan yang terbatas inilah membuat orang lain mengembangkan program alat bantu (utilitas) berbasis server.

Program/Softwarenya diletakan di server, dan kita sebagai pengguna bisa mengakses dan menjalankanya bersama-sama. Sementara telegram Bot adalah fasilitasnya, telegram bot membantu menghubungkan antara pengguna dengan Software utilitas pada sisi server. Dengan telegram kamu bisa menginput data berupa teks dan berbagai media lainya. Sampai disni paham kan tentang Program utilitas telegram bot? Kalau udah paham sekarang lanjut aku ada beberapa daftar telegram bot beserta fungsinya yang bisa kamu gunakan secara gratis.


Google Drive Bot

Bot telegram ini adalah program utilitas yang bisa digunakan untuk mengunggah dan mengunduh file yang ada pada akun Google Drive kamu menggunakan telegram. Selain itu tersedia juga fitur unggah via URL dan pesan terusan, misalnya nih kamu meneruskan file kiriman orang lain ke Google Drive Bot maka Bot akan mengunggah file tersebut ke akun Google Drive kamu.

Nggak cuma itu kok, unggah file lewat URL langsung juga bisa dilakukan. Kamu cukup kirim URL unduhan file langsung ke Bot, dan bot akan melakukanya di sisi server. Semuanya dilakukan otomatis lewat sisi server, kamu hanya perlu mengetikan perintah, dan memberikan dokumen pada Robot. Jika tertarik bot ini bisa di akses via Username @Gdriveit_bot, Selamat mencoba. Aku menggunakan bot ini untuk memindahkan file antar penyimpanan awan hanya melalui URL.


Mega Uploader X Bot

Mega.nz adalah layanan penyimpanan file berbasis awan, sama halnya dengan Google Drive. Dengan mega akun kamu diberikan penyimpanan Gratis sebesar 15GB, file yang kamu unggah juga bisa dibagikan ke orang lain secara publik. Walaupun mega.nz menyediakan akses yang mudah, seperti aplikasi Mobile, web Mobile Friendly tapi akan lebih mudah lagi jika menggunakan telegram Bot.

Dengan Bot ini kamu bisa mengunggah file secara langsung ke akun Mega kamu, atau lewat URL, selain itu file kiriman yang di teruskan juga akan secara otomatis di unggah ke akun Mega kamu. Melakukan remote files tanpa mengunduhnya bisa menghemat pengeluaran dan juga waktu. Disini kamu juga bisa memanaging file yang sudah di unggah, walaupun fiturnya terbatas tapi sangat berguna untuk melakukan cloud transfer antar penyimpanan awan tanpa harus mengunduh file. Gunakan bot dengan bijak username @MegaUploadXbot, layanan bisa kamu coba secara gratis dengan batasan tertentu.

Bila kamu ingin menambah batasan limit, kamu bisa mencoba fitur berlangganan. Ingat metode pembayaranya hanya menggunakan paypal dan situs web luar, mata uang hanya tersedia dalam dolar nggak ada rupiah. Gunakan fitur upgrade jika kamu ingin menggunakan robot untuk keperluan bisnis. Sip, kita lanjut bahas bot berikutnya...


Unzip Bot

Layanan Ektraktor ini bisa digunakan untuk mengekstrak file arsip secara online baik melalui dokumen yang kamu kirimkan atau lewat URL secara langsung. Bot akan mengekstrak file zip dan mengirimnya ke server telegram, sehingga kamu bisa mengunduh hasilnya dengan mudah.

Keunggulan Unzip Bot dia mendukung berbagai format arsip, dan juga dilengkapi dengan fitur password. Fitur Password memungkinkan kamu membuka file arsip yang dilindungi. Bot ini tersedia gratis bisa digunakan oleh siapa saja, pembuatnya @Mrvishal_2k2. Aku menggunakan Unzip bot untuk mengekstrak file arsip secara langsung melalui URL, tujuanya agar aku bisa melihat apa isi didalamnya sebelum mengunduhnya. Jadi aku nggak bakalan kehilangan kuota hanya karena file palsu yang dibagikan oleh orang gak bertanggung jawab.

Bila kamu suka sama bot ini, kamu bisa mencobanya. Silakan chat ke bot @UnzipRobot. Gunakan command /help untuk membaca syarat dan ketentuan serta panduan penggunaan manual. Bot tersedia gratis bisa digunakan secara umum tapi dengan batasan tertentu, kamu hanya dibatasi maks 5GB file yang bisa di ekstrak dalam sehari.


Direct Link Generator Bot

Berguna untuk membuat Link unduhan dari sebuah file yang berada di telegram, kamu bisa mengirim file secara langsung atau meneruskan file yang sudah ada ke Bot. Secara otomatis bot akan membuat sebuah Link Unduhan yang berlaku selama 24 jam, kamu bisa membagikan link tersebut ke teman-teman kamu sebelum link kadaluarsa.

Meskipun URL yang dibuat hanya bertahan selama 24 jam, cara ini cocok buat mengirim file ke teman dengan batasan waktu tertentu. Gunakan bila kamu paham fungsinya, bot bisa di akses lewat username @DirectLinkGeneratorbot. Selamat mencoba semoga kamu suka sama botnya, oke lanjut.


URL Uploader X Bot

Nggak jauh-jauh dari managmen file secara online. Bot ini bisa membantu kamu mengunggah file lewat URL ke server telegram, jadi kalau file nya sudah di unggah ke server telegram kamu bisa meneruskan file ke kontak manapun, ke grup manapun.

URL Uploader X Bot mendukung berbagai jenis URL asalkan URL tersebut mengarah langsung ke sumber file yang akan di unduh. Gunkan IDM+ untuk menyalin tempel Direct Link unduhan, cara ini sangat efektif. Kalau menggunakan browser lain seperti Google Chrome, Kiwi Browser, UC Browser, mereka akan mengunduh file secara otomatis tanpa memberikan pilihan sebelum mengunduh. Tapi dengan IDM+ dan IDM Browser kamu bisa menyalin dan menemukan banyak Link unduham file pada setiap halaman yang kamu kelajahi. Bot ini bisa di akses lewat @urluploadxbot


YT PlayList Bot

Mengunduh Video Youtube ke perangkat seluler memang bisa dilakukan dengan mudah. Pada aplikasi Youtube kamu bisa mengunduh video, tapi sayangnya kamu nggak bakalan menemukan file MP4 video tersebut. Sehingga kamu nggak bisa berbagi bersama teman-teman, solusinya dengan menggunakan tools pihak ketiga. Ada tools pihak ketiga, namanya Savefrom.

SaveFrom hanya bisa mengunduh satu video per URL, bagaimana kalau kamu menginginkan satu playlist di unduh semua? Nah disinilah fungsi YT PlayList Bot, dia bisa mengunduh semua file dalam satu playlist dan mengirimnya ke akun Telegram kamu sehingga kamu bisa langsung streaming atau mengunduhnya secara langsung hanya dengan satu kali klik.

Bot ini bisa digunaka secara gratis, tapi tentunya ada batasan. Kamu hanya boleh mengunduh sebuah playlist dengan total ukuran file tidak lebih dari 5GB, selebihnya bot tidak akan merespon. Tertarik ingin mencoba Playlist Downloader Robot? Silakan kepoin chat ke @Playlist_dl_Robot


Anti Forwarded Bot

Jika file yang kamu kirim diteruskan oleh orang lain maka nama kamu pasti bakalan muncul sebagai pemilik dari file tersebut. Orang lain juga bisa mengklik nama kamu dan akan di arahkan langsung ke akun Telegram kamu. Dengan menggunakan bot ini kamu bisa menyembunyikan nama pengirim file/dokumen agar tidak terlihat saat pesan diteruska (anonymosly).

Sangat cocok Buat kamu yang ingin menghilangkan jejak ketika meneruskan file ke grup-grup tertentu. Orang lain tidak akan melihat nama kamu sebagai pengirim, nama kamu akan disembunyikan dan pengirim akan berubah jadi AntiForwardedBot. Jika file tersebut dilaporkan pelanggaran oleh orang lain akun telegram kamu juga nggak akan ikut kena dampaknya, so bila pengen menggunakan bot ini silakan japri ke @AntiForwardedBot.


URL Shortener Bot

Mempersingkat URL yang panjang tentunya sudah jadi kebiasaan kita ketika ingin berbagi file atau website lain dengan URL panjang yang susah dibaca. Dengan Bot ini kamu cukup kirimkan URL panjang yang ingin diperpendek, dan pilih situs web apa yang ingin kamu gunakan sebagai hostnya misalnya bit.ly.

Keunggulanya bot mendukung 10 situs pemendek URL gratis, sama saja seperti bit.ly cut.ly hingga 10 situs. Cek daftar situs yang didukung dengan kirim command /help ke bot. Cobain bot nya username @URLShortenRobot, developer MR. Vishal. Seorang Youtuber yang suka banget membuat bot telegram utilitas yang bisa membantu dan memudahkan pekerjaan pada smartphone. Robot bekerja disisi client sehingga bisa menutupi semua keterbatasan yang dimiliki ponsel/tablet.


Video Compressor Bot

Ukuran video yang besar jadi masalah utama buat pengguna Smartphone, faktanya di ponsel kita mempunyai kuota yang terbatas. Sehingga tidak mungkin bisa stream atau mengunduh video yang ukuranya besar hingga 1GB. Dengan video Compressor bot kamu bisa melakukan kompresi ukuran video jadi lebih kecil sehingga bisa di unduh dengan mudah menggunakan konektifitas seluler.

Bot ini mengharuskan pengguna mengirim video agar bisa di kompressi, Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan URL Uploader bot di atas buat mengunggah file ke server telegram lewat URL. Nanti videonya bisa diteruskan ke bot ini, gampang kan? Jika suka sama bot ini chat aja bot nya di username @VideoComProBot. Developernya sama, Mister Vishal dari India.


Mediafire Downloader Bot

Bot ini sama seperti URL Uploader Bot, tapi bedanya bot ini hanya khusus buat URL yang dihosting oleh Mediafire. Dengan Bot ini kamu bisa mengunggah file dari URL mediafire ke server telegram sehingga kamu bisa dengan mudah mengunduh file atau membagikanya ke teman kamu. Bisa digunakan gratis dengan catatan maksimal file yang bisa di unggah dalam sehari tidak lebih dari 1.98GB.

Bagiku sering menggunakan URL Uploader Bot tau Unzip bot untuk menyalin secara langsung file dari cloud storage ke server telegram. Kenapa suka sama telegram? Karena server telegram mempunyai kecepatan tinggi dalam hal transfer file, dan juga metode nya seperti mesenger sehingga kita nggak akan kehilangan file yang pernah kita unggah sebelumnya. Kesini @MediaFire_Dl_Robot.


Oke cukup sampai disini untuk kumpulan bot telegram yang bisa aku bagikan hari ini. Tetap bookmark halaman ini ya, karena nanti aku bakalan update lebih banyak bot telegram yang bisa membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Bot telegram itu banyak jenisnya, siapa saja bisa membuat bot asalkan punya pengetahuan seputar koding, punya server sendiri, dan akun telegram.

(Jurnalis/Ryan)

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-