Menulis di kompasiana dibayar berapa?

Cara mendapatkan uang dari Kompasiana

Sejak aku membagikan link artikel ku yang ditulis pada Kompasiana ke Grup facebook ada beberapa teman bertanya, kamu dibayar berapa jadi penulis di kompasiana? Pertanyaan ini terus di ulang oleh teman lainya, sempat aku nggak mau jawab pertanyaan mereka. Mereka bukanlah seorang blogger, tapi pemain aplikasi gratisan / referal dengan berbagai teknik, sekarang mereka bermain web pemendek URL berbayar.

Dalam postingan ini aku coba buat menjawabnya, dibayar berapa jadi penulis di kompasiana? Sebenernya, nggak ada bayaran apapun. Kompasiana hanyalah platform blog publishing yang mengizinkan semua orang buat mengekpresikan diri mereka melalui media tulis. Namun meskipun begitu bukanya tidak bisa mendapatkan uang dari kompasiana, sebenarnya bisa. Hanya saja program kompasiana terlalu rumit untuk penulis pemula.

Kalau nggak dibayar kenapa banyak orang mau nulis disana? Kemudahan, ya kemudahan yang diberikan oleh kompasiana, serta komunitas yang besar membuat sebagian orang tertarik jadi penulis di kompasiana walaupun nggak dibayar sama sekali. Karya tulis yang diterbitkan di kompasiana juga langsung terbit tanpa peninjauan sama sekali. Komunitasnya besar, banyak orang sesama penulis yang berbagi disana. Dengan komunitas ini bisa membuat kita saling ber-interaksi dengan penulis lainya dengan saling berkomentar pada artikel yang mereka buat. Hal inilah yang bikin orang betah jadi penulis di kompasiana.

Kalau kamu datang dari Google via HP secara langsung, kamu bakalan di manjakan oleh halamam AMP kompasiana dengan kecepatan muat yang sangat cepat. Pasti kamu bakalan ketagihan buat membaca artikel yang lain berkat kecepatan muat halaman yang begitu tinggi. Selain itu, ada juga penulis yang mengharapkan backlink dan juga numpang promosi disana. Meskipun backlink yang didapat bersifat nofollow, tapi ini sangat dapat diandalkan untuk menggiring trafik dari kompasiana ke blog / URL yang kita sematkan.

Kalau kamu lihat, kemarin kan ada event tiktok tuh. Nah dengan kompasiana kamu bisa berpromosi sambilan menulis artikel panduanya demi mendapatkan Referal Tik Tok Lite, domain kompasiana punya rating yang cukup. Makanya setiap artikel yang kamu buat bisa langsung muncul di halaman 1-6 Google hanya dalam waktu singkat. Peluang semacam ini dimanfaatkan orang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis di kompasiana.


Tips ini bisa menghasilkan uang di Kompasiana?

  • Menjadi penulis pilihan / penulis dengan pencapaian pembaca yang tinggi.
  • Mengikuti event yang diadakan oleh kompasiana setiap bulan.
  • Menulis artikel affiliasi sendiri.
  • Memperkenalkan dan mempromosikan produk pribadi lewat karya tulis
  • Bekerjasama dengan Sponsor yang ada

Sedikit cerita ya:
Sebelum bergabung menjadi penulis di kompasiana, aku adalah seorang penggemarnya yang sangat tertarik akan semua artikel yang ada disana. Buat kamu yang hobi baca pasti suka deh, aku memanfaatkan google dengan mengetikan site:kompasiana.com setelah kata kunci yang aku buat untuk menemukan artikel yang diposting hanya pada website kompasiana. Sehari aku menghabiskan 3-5 jam waktu cuma buat membaca artikel disana, emang sih kecepatan muat halaman web mereka bikin kita nagih suka membaca artikelnya.

Jadi kalau ada yang nanya, apakah kompasiana membayar penulisnya? Jawabnya nggak, kompasiana nggak pernah membayar penulisnya kecuali lewar event dan program sponsor yang diadakan oleh perusahaan itu sendiri. Nggak mudah buat mendapatkan uang dari kompasiana, kamu harus menjadi penulis yang baik. Dengan karya bagus yang menarik banyak pembaca, karya paling bagus nanti bakalan jadi artikel pilihan. Ketenaran penulis di kompasiana sampai mereka mempromosikan artikel kamu, baru deh kamu bisa memperoleh penghasilan dari kompasiana.

Hanya akun terverifikasi dan bagi yang udah memasukan rekening bank yang bisa mendapatkanya. Ada hadiah dan ada sponsor disana, bila karya tulis kamu bagus pasti banyak deh perusahaan sponsor yang mengajak kerjasama minta dibuatin iklanya. Sama seperti yang aku sebutin diatas, dengan jadi penulis di kompasiana kamu bisa berpromosi sendiri tanpa bayaran. Dalam dunia blogging istilahnya disebut sebagai Content Placement.

Ada platform lain yang bisa membayar penulisnya, namanya Yoursay darj suara.com. Cuma Yoursay punya kelemahan, artikel yang diterbitkan harus melalui peninjauan ketat agar bisa disetujui disana. Aku udah nyoba tahun 2020 lalu, tapi sampe sekarang dari 3 artikel yang aku publish nggak ada yang terbit hehehe. Masih mending jadi penulis di kompasiana dibanding Yoursay, aku nggak dibayar tapi karyaku bisa langsung terbit tanpa ditinjau lagi.

Pandai membuat artikel Placement? Manfaatin tuh platform kompasiana buat mendapatkan lebih banyak trafik ke blog yang kamu kelolah. Agar bisa mendapat ratusan trafik, artikel kamu harus mendapat banyak pembaca dan salinh terikat dengan URL/Link yang kamu berikan. Bila tidak ada kebutuhan akan link yang kamu sematian, kecil dapetnya hanya sedikit orang yang mau mengklik tautan eksternal.

Blog yang sedang kamu baca ini, aku tertarik dari situs web kompasiana yang menyediakan halaman versi AMP pada halaman Google. Aku yakin hanya dengan 1x klik halaman web bisa dimuat dengan cepat. Cara terbaik buat meningkatkan user engagement, yakni dengan menyediakan konten berkualitas dan akses yang mudah.

(Jurnalis/Ryan)

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-