Panduan Mudah Ganti template Blogger di HP

Cara mengganti template blogger lewat HP tanpa Copy Paste kode

Sejak kehadiran tampilan blogger versi baru dan layouting v3 ganti template blog malah makin susah. Kalau kamu cuma upload template doang, malah witget yang ada jadi numpuk alias nggak beraturan. Ini terjadi karena blogger mempertahankan kode setelan sebelumnya. Template yang kamu pasang bakalan jadi lebih jelek dibanding yang kamu lihat.

Salah satu cara terbaik buat ganti template adalah dengan metode Salin tempel. Masuk ke Theme » Edit HTML » Hapus semua kode » Paste kode template baru. Tapi sayang banget teknik ini nggak bisa dilakuin via HP, karena ukuran template blogger lumayan besar 100-300KB. Ponsel android pasti ngelag kalau dipaksa menyalin dokumen teks sampe 100-300Kb.

Belum lagi saat di blogger ente bakalan mengonsumsi ram yang gede. Ya kode dalam teksbox Edit HTML perlu ditampung juga oleh blogger. Dan ponsel kamu bakalan ngelag parah. Kabar baiknya ada cara baru nih buat ganti tema blogger lewat HP. Mau tau caranya? Nih aku bagi tips.

Dalam Video dibawah ini aku mempraktekan panduan seperti yang sudah aku sebutkan menggunakan Smartphone Asus X014D dengan RAM yang cuma 1GB. Aku yakin bisa sekali dengan teknik Reset, hapus witget, dan upload theme.

  • Masuk ke bagian Theme di Blogger
  • Upload template Reset.xml untuk mereset tema yang sebelumnya.
  • Habis itu klik Menu Tata Letak, dan hapus semya witget sampai Habis.
  • Sekarang, baru deh kamu upload file xml template bloggernya.

Menggunakan teknik Reset tema blogger adalah salah satu cara agar bisa mengganti template blogger lewat ponsel cerdas. Cara ini lebih baik dan tidak menyebabkan penumpukan kode pada template, penumpukan kode membuat tampilan halaman jadi jelek dan skor kecepatan Lighouse menurun.

Menuritku teknik ini hanya cocok buat pengguna HP android, kalau buat PC/Desktop lebih mudah copy paste dibanding teknik ini yang sedikit agak lebih ribet. Sama-sama manual, dalam kerjanya kita terlebih dahulu mereset kode bawaan template lama dengan mengunggah file blank Template. Kode dalam blank template akan secara otomatis menggantikan kode CSS dan setelan lama.

Meskipun kode CSS dan kode lain bisa diganti/dihapus, tapi kode peletakan witget akan tetap ada menumpuk dengan kode template Reset. Karena witgetnya nggak hilang, buat mencegah witget menumpuk kita hapus satu persatu witgetnya secara manual pada menu tata letak blogger. Kamu mungkin bisa melihat banyak sekali witget yang ada, hapus aja semua kecuali witget Blog Post sama witget Navbar. Kedua witget bawaan ini memang tidak bisa dihapus, karena sudah di set dari kode bawaan templatenya. Kalau dihapus blogger bakalan nambahin witget yang sama secara otomatis.

Catatan : Kode witget tidka mengandung stylesheet, tapi terkadang ada javsscript bawaan blogger/standar. Jadi nggak apa-apa kalau ditumpuk, beda kalau sama kode js eksternal sama kode sylesheet bila ditumpuk loading halaman jadi berat.

Cara ini sudah aku lakuin sejak tahun 2019 lalu. Jangan terus-terusan menimpa template lama dengan template baru, walaupun templatemya sama tetap saja kode yang ada bakalan numpuk dan loading blog kamu bakalan jadi lemot, kecuali bila kamu menggunakan template mentah (Template yang belum pernah dipasang pada Blpgger). Blogger itu secara otomatis menambahkan banyak javascript sebelum halaman diberikan kepada pembaca, wajar donk blogger kerasa berat dan lemot.

Pembuat template mau nggak mau harus menyisakan skor 90% untuk kecepatan muat render halaman, karena nanti setelah ditambah script script lain oleh blogger dia akan berkurang jadi 50-70%. Apalagi kalau konten kamu menggunakan banyak gambar, pastinya turun drastis 20-30 warna merah kecepatan muat halamanya.


Ciri-ciri template yang pernah ditambahkan ke Blogger

Namanya template hasil pencadangan, kode pada template cadangan sudah disesuaikan oleh Blogger. Terdapat javascript eksternal, domain blog dimana tempat template dipasang, serta kode setelan tema bawaan blogger. Kalau dipasang pada blog lain, kode ini juga ikut terpasang. Makanya kecepatan blog bisa jadi menurun, kamu bisa melihat pada skor analisis lighthouse. Disana tertera "Kurangi Penggunaan JavaScrip Eksternal" itu artinya sudah terlalu banyak js eksternal yang di tambahkan oleh Blogger.

Tidak direkomendasikan selalu mencadangkan template untuk menyediakan backupannya. Sebaiknya simpan saja template mentah, atau kalau kamu bisa menyalin kode setelan witget bisa dipindahkan ke template mentah tanpa menyalin kode JS Eksternal yang ditambahkan secara otomatis oleh Blogger.

Web hosting SSD Murah, Gratis SSL, Unlimited Bandwidth, harganya mulai dari Rp 15.000-250.000,-